Pada suatu saat,  saya menerima telepon dari Bapak Imam Budi Santoso, SP yang sekitar 4 bulan sebelumnya pernah memesan VITERPAN Khusus Unggas sebanyak 1 karton saja. Waktu itu beliau masih bekerja di Subang. Melalui pembicaraan di telepon, Pak Imam menyampaikan bahwa beliau telah mengirim sebuah tulisan mengenai pengalamannya setelah berhasil membuktikan manfaat pemakaian VITERPAN Khusus Unggas pada ternak ayam broiler di perusahaan tempat beliau bekerja….berikut ini salinan surat Pak Imam.

Assalamualaikum.

Pada kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman dalam hal aplikasi Viterpan pada pemeliharaan ayam broiler di wilayah Sukabumi.

Aplikasi Viterpan :
Penggunaan Viterpan dilakukan pada periode 1, sedangkan pada periode 2 tidak diberikan Viterpan.
Aplikasi pemberian dilakukan setiap hari, kecuali pada saat pemberian antibiotik dan vaksinansi.

Pengamatan :
Pada periode 1 pemeliharaan tepatnya umur 5 hari kandang mengalami musibah terkena angin puting beliung sehingga genting banyak yang berterbangan yang berimbas pada DOC kehujanan. Pada hari kelima tersebut mulai diberikan Viterpan sesuai dosis anjuran sampai dengan panen (tidak ada pemberian kaporit/cupri sulfat ataupun desinfektan dalam air minum).

Pada periode 2 pemeliharaan tidak menggunakan Viterpan dan air minum di sanitasi dengan penggunaaan kaporit setiap hari antara 3 – 5 ppm (kecuali saat vaksinansi )

Hasil :

Pada periode pertama hasil yang diperoleh ( 5.000 ekor ):
– Umur panen : 28,25 hari
– Total deplesi : 4,00%
– Berat Badan : 1,438 kg
FCR : 1,535
– Index Prestasi ( IP ) : 318

Pada periode kedua diperoleh hasil :
– Umur panen : 29,33 hari
– Total deplesi : 10,1 %
– Berat Badan : 1,380 kg
– FCR : 1,687
– Index Prestasi ( IP ) : 251

Selisih performance:
– Umur panen : 1,08 hari
– Total deplesi : 6,10 %
– Berat Badan : 0,058 kg
– FCR : 0,152
– Index Prestasi ( IP ) : 67

Dari hasil tersebut terlihat umur ayam dipanen lebih muda 1,08 hari dengan bobot lebih tinggi 58 gram dengan FCR lebih rendah 0,152 dan IP lebih tinggi 67 poin.

Hal positif lainya pada periode pertama tidak ditemukan adanya ayam yang terkena coli, dan sekam di kandang tidak bau walaupun sempat kejadian terkendala penaburan sekam selama satu minggu karena kesulitan sekam sehingga kondisi sekam sangat jelek sekali.

Pada periode kedua ditemukan banyak ayam yang terkena coli (perlu diketahui bahwa sumber air berasal dari rembesan selokan).

Dapat disimpulkan pemberian Viterpan pada ayam broiler memberikan respek pada meningkatnya kesehatan ayam sehingga berdampak pada pencapaian performance yang optimal.

Demikian pengalaman yang saya alami selama menggunakan Viterpan. Ke depan saya masih terus melakukan percobaan dengan Viterpan untuk lebih yakin lagi dalam hal penggunaan Viterpan untuk ayam broiler, sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan antibiotik dan bahan kimiawi penunjang lainnya. Terima kasih.

Pengalaman ini semakin menguatkan keyakinan Pak Imam terhadap produk VITERPAN Khusus Unggas sekaligus memantapkan keinginannya untuk menjadi agen di wilayah Jawa Barat. Saat ini beliau berpindah tugas di Kab. Cianjur. Untuk berkomunikasi langsung dengan beliau, silakan lihat alamat lengkap dan nomor telepon Bapak Imam Budi Santoso, SP di halaman Pemesanan. Terima kasih Pak Imam atas sharingnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.