Akhir-akhir ini kita sering mendengar manfaat besar PROBIOTIK untuk peternakan ayam, sapi,domba dan lainnya dan saat ini cukup banyak produk-produk PROBIOTIK yang beredar di pasar obat ternak Indonesia. Namun, di tengah maraknya pemberitaan mengenai manfaat besar PROBIOTIK kita juga mendengar ada produk yang mencantumkan  kandungan PREBIOTIK. Hampir mirip namanya yaitu PROBIOTIK dan PREBIOTIK, namun apa keduanya sama? Jika keduanya berbeda maka yang manakah yang lebih baik untuk diberikan pada ternak? Untuk lebih lengkapnya pada artikel berikut akan sedikit saya saya bahas mengenai keduanya. Sebelum memulai maka saya ingin menegaskan bhawa tidak ada maksud saya untuk menjelekkan atau menggunggulkan salah satu produk produk (PROBIOTIK dan PREBIOTIK), karena saya pun menjual keduanya : )

A. PROBIOTIK

Secara sederhana PROBIOTIK dapat diartikan sebagai mikroorganisme (mahluk hidup kecil) yang berguna dan jika dikatakan bahwa sebuah makanan atau minuma mengandung PROBIOTIK maka artinya makanan atau minuman tersebut mengandung mikroorganisme-mikroorganisme yang diharapkan saat masuk ke dalam tubuh akan dapat berguna dan meningkatkan kesehatan tubuh. Konsep mengenai manfaat PROBIOTIK ini sudah dikenal sejak 2000 tahun yang lalu oleh Seorang Ilmuwan Rusia bernama Ilya Metchnikoff berhasil membuktikannya secara ilmiah pada awal abad ke-19. Metchnikoff mendapatkan, bahwa bangsa Bulgaria yang mempunyai kebiasaan mengonsumsi yogurt (susu fermentasi) tetap sehat walaupun usia sudah lanjut. Kemudian dia meneliti Susu fermentasi tersebut dan diketahui mengandung bakteri asam laktat (Lactobacillus Bulgaricus Sp) yang mampu meningkatkan kerja enzim galaktosidase yang memudahkan pencernaan laktosa dalam usus.

3+biovita PERBEDAAN PROBIOTIK DAN PREBIOTIK

Tertarik dengan hal ini maka banyak perusahaan memproduksi PROBIOTIK untuk meningkatkan kesehatan manusia maupun ternak, akan tetapi hal tersebut tidaklah semudah yang dibayangkan karena untuk mendapatkan hasil yang baik maka PROBIOTIK yang berada pada makanan/minuman tersebut harus tetap dalam keadaan hidup hingga mencapai pernukaan/ mukosa usus. Padahal, banyak sekali penghalang PROBIOTIK agar bisa tetap hidup sampai ke usus, diantaranya adalah asam lambung dan garam empedu yang dapat membunuh mikroorganisme-mikroorganisme pada PROBIOTIK. Selain itu, penyimpananPROBIOTIK harus pada keadaan yang sesuai jika tidak maka PROBIOTIK bisa mati sebelum masuk ke dalam usus.

 

B. PREBIOTIK

Walaupun hampir sama namanya namun PROBIOTIK dan PREBIOTIK berbeda.  PREBIOTIK bukanlah mahluk hidup yang dapat mati. Secara sederhana PREBIOTIK dapat diartikan sebagai makanan bagi PROBIOTIK yang secala alami memang hidup di saluran pencernaan.PREBIOTIK merupakan komponen pangan yang  tidak dapat dicerna oleh pencernaan (nondigestible food ingredient) yang mempunyai pengaruh baik terhadap inang (host/Ternak)dengan memicu aktivitas, pertumbuhan yang selektif  terhadap bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Sebenarnya PREBIOTIK sudah terdapat dalam tanaman seperti pada umbi dahlia, bawang merah, bawang putih, asparagus, kedelai, ubi jalar, dan juga pada susu. Namun itu bukan berarti dengan hanya mengkonsumsi bahan-bahan tersebut maka kebutuhan  PREBIOTIK dapat tercukupi. Alasannya kadar PREBIOTIK nya biasanya sangat rendah dan bervariasi tergantung varietasnya. Alasan lainnya adalah karena jumlahnya sangat kecil, maka glukosa dan fruktosa dari bahan-bahan tadi sangat mudah diserap usus sehingga PREBIOTIK nya ikutan habis sebelum mencapai usus besar. Padalah di usus besar itu terjadi penyerapan nutrisi yang dibantu mikroba, tidak seperti pemahaman masa lalu yang mengira usus besar hanya berisi sampah yang siap dibuang.

PREBIOTIK yang banyak dikenal dan digunakan adalah oligosakarida kedelai (yang terdiri atas rafinosa dan stakiosa), frukto-oligosakarida (disebut juga oligofruktosa), Inulin, Laktulosa dan Laktosukrosa. Inulin dan oligofruktosa memiliki fungsi penting sebagai penyeimbang fungsi gastrointestinal (menyeimbangkan mikroflora kolon) dan modulasi hormonal. Umumnya semua PREBIOTIK yang disebutkan dapat meningkatkan pertumbuhan bifidobacterium, bakteri bermanfaat. Apabila dikonsumsi dengan dosis yang tepat dan cara yang benar, maka PREBIOTIK dapat mempunyai fungsi melebihi fungsi PROBIOTIK.

 

Berikut ini adalah 6 hal yang membedakan PROBIOTIK dengan PREBIOTIK.

 

PROBIOTIK

PREBIOTIK

PROBIOTIK dapat mati sebelum masuk ke dalam usus sehingga tidak dapat memberikan manfaat PREBIOTIK adalah benda mati yang merupakan makanan bagi mikroorganisme baik dalam saluran pencernaan.
PROBIOTIK mengusir mikroorganisme jahat dari usus secara langsung dengan cara mendominasi perebutan nutrisi di tempat itu. PREBIOTIK mengusir dengan cara menciptakan kondisi keasaman tertentu yang tidak disukai oleh mikroorganisme jahat.
PROBIOTIK terkandung dalam makanan atau minuman yang difermentasi. PREBIOTIK diambil dari serat alami yang terdapat pada 36.000 jenis tumbuh-tumbuhan
PROBIOTIK kadang berisi  mikroorganisme asing yang sengaja ditambahkan ke usus untuk membantu sistem pencernaan namun terkadang tidak cocok dengan kondisi usus. PREBIOTIK hanya memberi makan pada mikroorganisme yang secara alami sudah ada di usus.
PROBIOTIK merupakan mikroorganisme hidup yang diminum untuk menjaga keseimbangan sistem pencernaan di usus. PREBIOTIK merupakan sejenis serat khusus yang bisa menjadi makanan bagi mikroorganisme di dalam usus
Minuman PROBIOTIK harus disimpan pada kondisi penyimpanan, suhu dan tingkat keasaman tertentu agar mikroorganisme di dalamnya tidak mati. PREBIOTIK tidak membutuhkan perlakuan demikian karena tidak mudah mengalami kerusakan.

Setelah mengetahui perbedaan PROBIOTIK dan PREBIOTIK maka  anda dapat memilih produk dengan lebih bijak dan lebih teliti, bukan hanya berdasarkan informasi dari produsen namun juga ditunjang dengan pengetahuan anda mengenai produk yang anda beli. Dan jika saat ini Anda sedang mencari produk PROBIOTIK dan atau PREBIOTIK maka mungkin anda tertarik dengan produk Kami. Untuk PROBIOTIK kami mempunyai Viterpan yang merupakan PROBIOTIK yang sudah banyak dipakai oleh banyak peternak. Seangkan untuk PREBIOTIK kami mempunyai BioVita (untuk ayam) dan RUMEN AIDER (untuk ternak ruminansia) yang merupakan suplemen komplit terdiri dari PREBIOTIK,vitamin,mineral dan enzyme-enzym penting yang semuanya 100% alami (bukan hanya organic) sehingga sangat mudah diserap tubuh.