Pengendalian lalat bukanlah hal yang mudah karena hal ini mencakup banyak aspek. Bisa saja kita telah melakukan usaha maksimal dalam pemberantasan lalat namun hal ini tidak membuahkan hasil yang diharapkan dikarenakan factor-faktor lain yang sangat penting peranannya.
Dalam menerapkan metode pemberantasan lalat kita terlebih dahulu harus mengetahui penyebab serbuan pada  farm broiler atau layer milik kita. Karena dengan mengetahui penyebab munculnya lalat maka dengan menghilangkan penyebab tersebut maka secara tidak langsung kita menutup pintu masuknya lalat pada farm kita. Adapun beberpa penyebab sebuan lalat pada farm adalah :
  1. Lingkungan kandang yang kotor seperti banyak sampah yang berserakan, bangkai ayam yang tidak dikubur atau dimusnahkan dengan baik dll
  2. Kondisi lingkungan  kandang yang lembab baik karena musim hujan ataupun karena sebab lainnya. Kondisi lembab ini sangat disukai lalat untuk berkembang biak terlebih pada feces yang lembab atau malah basah
  3. Ayam yang sakit juga mengundang lalat. Hal ini dikarenakan pada umumnya ayam yang sakit tidak mampu mencerna makanan dengan baik akibatnya kotoran yang keluar menjadi lebih basah dan mengandung amoniak yang tinggi. Hal ini sangat disukai lalat untuk meletakkan telurnya dan berkembang biak menjadi larva dan lalat dewasa.
  4. Managemen penyimpanan ataupun pemberian pakan yang asal-asalan menyebabkan banyak pakan yang tercecer ataupun tumpah sehingga dapat mengundang lalat terlebih jika pakan yang tercecer tersebut terkena air dan menjadi lembab maka bagi lalat ini layaknya kue brownis coklat yang sangat mengundang selera.
  5. Kondisi kandang tetangga atau lingkungan sekitar kandang yang jorok. Meskipun semua usaha pencegahan sudah kita lakukan namun jika lingkungan sekitar kita yang kotor atau bisa dibilang jorok maka bersiap-siaplah menerima getahnya berupa serbuan lalat.

Banyak literatur yang menyebutkan tentang cara pengendalian lalat, baik secara mekanik, biologis maupun dengan cara kimiawi. Dalam memutuskan pemilihan cara-cara tersebut hendaknya kita memperhatikan juga biaya, efektifitas, serta keamanan dalam aplikasi cara pemabasmian atau produk pembasmian lalat. Jangan sampai tujuan kita menghilangkan lalat justru menimbulkan penyakit-penyakit lain yang justru lebih berbahaya bagi ternak maupun lingkungan. Sekali lagi, pilihlah cara dan produk yang aman. Jika Anda bertanya pada kami produk apa yang bisa di pilih? maka saran kami belilah produk antilalat yang bukan hanya aman digunakan di peternakan namun aman digunakan di rumah ataupun restoran. Jika produk tersebut aman digunakan di restoran ataupun di rumah maka tentunya aman juga digunakan di peternakan. Cara mengetahuinya mudah, tinggal cari di internet, ketik di google ” ANTI LALAT UNTUK RUMAH MAKAN” atau “ANTI LALAT AMAN DAN AMPUH UNTUK RUMAH MAKAN” dan kata-kata lain yang bersangkutan.