1336479 tempatminumayamotomatis KREASI ALAT PENYEDIA AIR SEHAT BAGI AYAM BROILER DAN LAYERSebagaimana telah saya sampaikan pada artikel sebelumnya yang berjudul  “PEMBERIAN AIR MINUM SEHAT PADA AYAM” bahwa air mempunyai peranan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup unggas yang kita pelihara. Apa jadinya jika unsure yang sangat penting tersebut malah menjadi sumber masalah bagi peternakan kita?! Apa jadinya jika air yang kita berikan terkontaminasi zat-zat berbahaya ataupun kuman pembawa penyakit?! Jangan pula menyalahkan produsen obat jika ternyata pengobatan yang kita berikan tidak efektif mengatasi penyakit akibat kondisi air yang buruk! Oleh karena itu, kepastian kualitas air penting diperhatikan oleh peternak. Jangan sampai kita terus meraba-raba dari mana asal muasal penyebab berbagai masalah pada peternakan sebelum kita memastikan kualitas air yang kita berikan pada ternak kita.


Untuk menghasilkan air yang baik maka diperlukan upaya penanganan secara fisik maupun kimiawi dan dalam hal ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan peralatannya. Akan tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk membuat peralatan penyedia air sehat bagi peternakan kita. Hal ini sebagaimana dilakukan oleh bapak Bambang Ismono yang merupakan salah seorang peternak ayam broiler di Depok, Jawa Barat. Pak Bambang Ismono yang setiap periode pemeliharaan selalu dipusingkan dengan masalah e-Coli dan kandungan logam berat pada air mencoba berkreasi dengan membuat sarana penyedia air sehat bagi ayam-ayamnya.  Pak Bambang Ismono yang  pada dasarnya merupakan lulusan teknik sipil ITB ini pun yakin bahwa kualitas air hasil saringannya sama dengan air mineral yang dijual di depot air isi ulang dan dapat langsung diminum.


Nah, anda mungkin tertarik, bagaimana sih alat tersebut? Pada artikel ini saya tidak menjelaskan secara detail mengenai  cara pembuatan alat tersebut, namun akan sedikit saya jelaskan prinsip kerjanya yang sebagai berikut :

air+sehat KREASI ALAT PENYEDIA AIR SEHAT BAGI AYAM BROILER DAN LAYER

  • Air dari sumber air ditarik dengan pompa menuju tendon penampungan
  • Sebelum memasuki tendon penampungan, air tersebut melewati pH-up dan clorinator.
  • pH-Up ini berfungsi untuk meningkatkan kadar pH air karena kadar keasaman air di daerah itu pada posisi pH<5. Tabung pH up berisi kapur tablet. Tabung ini sangat diperlukan saat pengobatan karena obat-obatan akan bekerja efektif pada pH netral. Namun pada saat pemberian air minum biasa pH-up tidak diperlukan karena pada pH<5 justru dapat menyebabkan bakteri pencernaan pada usus ayam dapat terhambat perkembangannya
  • Setelah melewati pH-up selanjutnya air melewati clorinator yang berisi clorin atau kaporit 2-4 ppm ( sebagiman standar PAM).
  • Setelah melewati clorinator maka air akan masuk kedalam tendon untuk mengendapkan klorin tadi. Setelah minimal 6 jam maka air tersebut baru dapat dilanjutkan pada tahap penyaringan terakhir yang disebut “water purifer” yang berisi pasir silica, carbon aktif dan pasir aktif.


Sepintas cukup sederhana namun perangkat ini efektif dalam penyediaan air sehat pada ternak. Tertarik mencoba, silakan kembangkan menurut kreatifitas anda dan sesuaikan dengan kondisi lingkungan. Namun jika tidak mau repot maka anda bisa saja langsung menghubungi perusahan penyedia water purifier ini. Semoga bermanfaat…