adved 1134732795 MENGATASI CACINGAN PADA ANJING DENGAN OBAT CACING MANUSIA Jangan kaget kalo anjing anda terlihat tidak mau makan dan kemudian pada kotorannya terdapat darah yang jika kondisi ini tidak ditangani dengan tepat maka get prepare to say goodbye to your lovely dog. Gejala yang saya sebutkan diatas memang bisa disebabkan oleh banyak hal karena memang  gejala tersebut adalah gejala yang umum pada penyakit yang menyerang sistim pencernaan dalam hal ini usus dan salah satunya disebabkan oleh helminthiasis atau cacingan.

Eits, jangan anggap remeh cacingan lho, banyak penyakit yang dapat terjadi jika menganggap remeh si cacing ini. Meskipun kita rajin vaksinasi bisa saja vaksinasi tersebut tidak efektif melindungi our lovely dog dari infeksi penyakit. Hal ini karena vaksin yang diberikan tidak memberikan imunitas/ kekebalan akibat kondisi tubuh anjing yang sedang stres atau sedang mengalami infeksi yang diakibatkan oleh invasi si cacing.

Oleh karena itu, penting bagi para pemilik anjing untuk senantiasa memberikan obat cacing secara rutin. Pemberian obat cacing ini dapat dimulai pada saat anjing berumur 2 minggu dan pada kucing pada umur 3 minggu. Pada anjing obat cacing dilakukan berturut setiap minggu selama sebulan kemudian diulang lagi setiap tiga bulan. Pada kucing cukup langsung diberikan setiap 3 bulan karena setau saya pada kucing caingan tidak menurun dari induk ke anak kucing.

Nah, untuk pemberian obat cacing bisa dalam bentuk cair maupun kapsul. Yang terpenting adalah anda mampu membuka mulut anjing tersebut. Akan sulit bagi anda untuk membuka mulut anjing yang telah dewasa jika sejak kecil dia tidak terbiasa dibuka mulutnya. Nah, setelah obat cacing diberikan jangan lupa berikan pujian bagi anjing anda dan berikan makan kecil agar obat cacing tadi dapat masuk sempurna. Oiya, dalam pemberian obat cacing sebaiknya pada pagi hari saat anjing belum makan agar obatnya bisa bekerja efektif. Satu – dua jam setelah pemberian obat cacing maka anda dapat memberikan makan besar kepada anjing anda.

Bagi anda yang kesulitan mencari obat cacing anjing maka dapat menggunakan obat cacing manusia dan yang paling sering digunakan adalah obat cacing untuk manusia merek Combantrin buatan Pfizer. Combantrin memiliki 2 jenis bentuk yaitu dalam bentuk sirup dan tablet. Dosis pemberiannya adalah 125 mg untuk setiap 10 kg berat badan.

Combantrin mengandung Pyrantel Pamoat, untuk bentuk tablet jumlah kandungan Pyrantel Pamoat tergantung dari angka yang tertera setelah namanya. Contohnya Combantrin 125 mg berarti mengandung 125 mg Pyrantel Pamoat, tersedia dipasaran Combantrin 125mg, 250mg, dan 500mg. Sedangkan untuk bentuk sirup hanya terdapat 2 jenis saja yaitu 125 mg dengan rasa jeruk dan 250 mg dengan rasa vanila.

Anak anjing dapat diberikan Combantrin sejak usia 3 minggu dengan dosis 1 ml Combantrin rasa jeruk untuk setiap 1 kg berat badan. Jika menggunakan Combantrin rasa vanila maka dosis yang dianjurkan adalah 1/2 ml setiap 1 kg berat badan. Berikan setiap minggu sampai berumur 3 bulan dan selanjutnya dapat diberikan setiap 3 bulan sekali. Untuk anak anjing diatas usia 3 bulan dapat diberikan Combantrin tablet dengan dosis yang dianjurkan dan maksimal pemberian adalah 500 mg saja.