Penyakit ngorok atau Chronic Respiratory Desease (CRD) komplek adalah penyakit populer di peternakan broiler maupun layer karena pengobatannya yang sulit serta  menyebabkan kerugian besar denganrendahnya pertumbuhan, tingginya FCR dan  tingginya Mortalitas. Alasan inilah yang menyebabkan banyak peternak sering menghubungi kami menanyakan cara mengatasinya dan tentulah pengobatannya adalah dengan memberikan supplemen untuk meningkatkan imunitas (pertahanan tubuh) dan pemberian antibiotik untuk melawan infeksi penyakit serta mencegah masuknya penyakit lainnya disaat kondisi tubuh ayam sedang lemah. Akan tetapi jika kita hanya memfokuskan diri pada upaya pengobatan saja tanpa berusaha mencari sumber masalah maka bersiap-siaplah untuk musibah yang lebih besar yaitu kejadian CRD yang berulang setiap periode pemeliharaan + resistensi antibiotik. Oleh karena itu, marilah bersama-sama kita lihat sumber masuknya CRD ke farm kita.

Penyakit Ngorok atau CDR adalah salah satu penyakit yang menginfeksi melaui saluran pernafasan sehingga faktor kualitas udara harus benar-benar kita perhatikan. Berikut beberapa saran sederhana saya yang mungkin bapak/ ibu peternak juga sudah tau.

1. Perlakukan secara istimewa ayam anda maka dia akan memberikan hasil yang istimewa juga. Jika anda merugikan ternak anda maka dia pun akan merugikan anda. Ssediakan lingkungan kandang yang sehat, segar (tidak pengap, terlalu panas atau terlalu dingin serta tidak terlalu lembab), dan  bersih. Selain itu kepadatan kandang harus selalu diperhatikan, sehingga udara bersih selalu terjamin. Suhu kandang yang terlalu panas juga dapat menyebabkan meningkatnya nafsu minum dan menurunnya nafsu makan. Dengan meningkatnya nafsu minum, maka akan merangsang peningkatan urinasi dan litter menjadi basah, sehingga konsentrasi ammonia tinggi dan dapat menyebabkan gangguan pernafasan, akhirnya ayam akan rawan terhadap CRD komplek.

2. Usahakan membeli bibit DOC dari breeder yang terpercaya karena breeder ‘ecek-ecek’ biasanya tidak melakukan biosecurity dan kontrol kualitas yang baik sehingga ayam yang kita pelihara memiliki resiko besar terkena CRD

3. Menyediakan air minum yang bersih. Untuk itu bisa menggunakan metode penyaringan air ataupaun juga bisa menggunakan klorin yang dicampur pada air. Karena sangat dimungkinkan coli masuk dan memperparah kondisi atau membuat kondisi parah sehingga memudahkan CRD masuk. Mekanisme pemberian klorin bisa dibaca pada >>artikel ini.<<

4. melakukan BIOSECURITY kandang dan sekitarnya. Mengenai biosecurity ini sudah banyak artikel yang menjelaskannya sehingga tidak perlu saya jelaskan lagi.

5. Pemberian supplemen yang meningkatkan imunitas dan mempercepat respon pengobatan seperti BioVita dan BioImmune

6. Pemberian antibiotik yang tepat dan sesuai dosis. Pemberian antibiotik tidak sesuai dengan petunjuka akan menyebabkan resistensi antibiotik.

7. Penyemprotan CERDEX untuk menghentikan kejadian NGOROK/CEKRES/CEKREK dengan segera sehingga tidak menular ke ayam yang lain.

Semoga bermanfaat… : )