ayam crd APA SAJA PENYEBAB AYAM NGOROK?Sebelum pertanyaan ini dijawab saya harap terlebih dahulu anda mengetahui apa itu ngorok/ CRD dan faktor – faktor penyebabnya. Untuk mengatasi ngorok tentunya harus dipastikan akar permasalahannya jika tidak maka penanganan tidak akan efektif. Nah, berikut ini akan sedikit saya berikan beberapa contoh kesalahan yang biasanya dilakukan peternak.

  1. Ngorok/ CRD sering  terjadi akibat kadar amoniak yang terlalu tinggi dalam kandang sehingga menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan dan selanjutnya muncul ngorok. Nah jika penyebabnya amoniak dan anda memberikan antibiotik maka jangan salahkan antibiotiknya jika ngoroknya tidak sembuh juga malah bisa semakin parah karena dengan peberian antibiotik menyebabkan feces menjadi lebih encer dan bau amoniak akan semakin menyengat. Sehingga yang dapat anda lakukan adalah dengan menurunkan level bau amoniak dalam kandang dan selanjutnya memberikan antibiotik dan suplemen multivitamin  dan mineral untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.
  2. Contoh lain, bisa saja ngorok juga terjadi karena Kelembaban yang rendah (< 50 %) yang  menyebabkan udara berdebu. Nah jika ini terjadi maka langkah awal yang  perlu dilakukan adalah spray air. Kelembaban yang ideal untuk hidup ayam 50-70 %  sehingga Pemasangan fan/kipas jika memungkinkan perlu dilakukan dan selanjutnya pemberian antibiotik dan suplemen untuk memulihkan kondisi
  3. Kadang ngorok juga terjadi akibat SNOT.  Jika penyebabnya anda ketahui akibat SNOT maka pemberian antibiotik umum tidak akan berefek maksimal. Pemberian antibiotik yang terbaik adalah antibiotik golongan flumequin yang menupakan antibiotik golongan quinolon rantai panjang. Keistimewaan flumequin adalah mampu menembus jaringan sinus dimana tidak dapat dilakukan oleh quinolon lainnya.
  4. Pemberian antibiotik untuk mengatasi NGOROK kadang tidak terlalu fektif dikarenakan minimnya pembuluh darah yang menuju pusat infeksi sehingga diberlukan solusi yang bisa membunuh bibit penyakit, menghancurkan sel yang telah terinfeksi dan mengeluarkan lendir. Untuk melakukan hal tersebut maka dapat menggunakan CERDEX yang terbukti efektif mengatasi NGOROK hanya pada penggunaan Hari ke-1.
  5. Contoh yang lain menyusul…. icon smile APA SAJA PENYEBAB AYAM NGOROK?