Banyak peternak yang sampai saat ini masih dipusingkan dengan kehadiran nyamuk pada lokasi farm mereka, sebenarnya bukan kehadiran nyamuknya yang jadi masalah namun kehadiran penyakit yang juga dibawa oleh nyamuk tersebut. Kalo kandang nyamuk kita hanya seluas tempat tidur mungkin kita bisa saja pakai kelambu nyamuk (seperti dagangan istri saya, he2..) atau mungkin pakai raket nyamuk…, atau mungkin ayamnya diolesin lotion anti nyamuk…, biar tidak digigit nyamuk. namun tentunya bukan itu cara yang tepat untuk mengatasi nyamuk. Cara yang paling tepat untuk mengatasi nyamuk adalah dengan memutus mata rantai hidup nyamuk seperti apa yang sering kita lihat pada iklan-iklan tentang pencegahan demam berdarah.

 

Hal tersebut juga bisa kita praktekan pada lokasi farm kita, jadi jangan sampai ada tempat yang dapat dijadikan sarang berkembang biaknya nyamuk. Namun, jika upaya pencegahan sudah kita lakukan namun nyamuk masih tetap mengganggu maka ada beberapa cara yang dapat kita lakukan dan salah satunya adalah dengan membuat perangkap nyamuk yang sederhana namun cukup efektif dan yang terpenting murah meriah serta mudah pembuatannya. Adapaun caranya adalah sebagai berikut :

 

1. Ambil Botol air minum 1,5 liter lalu potong / belah botol menjadi 2 bagian ( atas dan bawah )

 

2. Ambil air panas 200ml lalu campurkan dengan gula merah yang telah anda siapkan tadi. Tunggu Hingga beberapa saat sampai dingin

3. Setelah dingin kemudian tuangkan diseparuh botol yang bagian bawah

 

4. Masukkan Ragi secukupnya tanpa perlu diaduk, ini akan menghasilkan karbon dioksida, Kemudian Pasang potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik ( lihat gambar untuk lebih jelasnya )

5. Bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam kecuali bagian atasnya

6. Buka botolnya 10 -15 hari, maka anda bisa melihat nyamuk yang begitu banyak mati didalam botol tersebut

Semoga bermanfaat 😉