Pakan merupakan biaya terbesar dalam sebuah usaha peternakan, oleh karena itu jika kita bisa mensiasati pakan dengan tepat maka keuntungan jelas didepan mata. Dalam usaha ternak Ayam Kampungpun berlaku hal demikian. Jika kita menggunakan pakan sebagaimana pakan ayam ras maka mungkin saja kita mendapatkan keuntungan namun tidaklah terlalu besar karena kemampuan konversi nutrisi pakan Ayam Kampungtidak sebaik ayam ras, sehingga pemberian pakan yang mempunyai nutrisi tinggi tidak terlalu bermanfaat karena Ayam Kampungtidak mampu menyerap semuanya dan justru akan mengeluarkan nutrisi tersebut lewat fecesnya . Sehingga pakan Ayam Kampung dapat menggunakan pakan yang disusun dari bahan yang mempunyai nilai nutrisi namun ringan harganya karena sebagaimana diketahui bahwa Ayam Kampungmempunyai toleransi yang tinggi terhadap pakan lokal. Oleh karena itu, para peternak harus mengetahui prihal prinsip penyusunan pakan sehingga dapat mengetahui secara benar kualitas pakan yang digunakan dengan tidak melupakan kebutuhan energi, protein dan asam amino esensial karena dapat digunakan bahan-bahan sumber nutrisi yang lebih bervariasi. Dalam pemberian pakan untuk Ayam Kampungsebaiknya memenuhi beberapa syarat berikut:

  1. Harus memenuhi kebutuhan nutrisi ternak. Pakan yang disusun harus memenuhi kebutuhan nutrisi ternak dan tidak disusun secara asal-asalan. Untuk itu, kebutuhan nutrisi AYAM KAMPUNG perlu diketahui sebelum menyusun pakan.
  2. Ekonomis (relatif murah). Pakan yang disusun harus diupayakan semurah mungkin. Apabila harganya mahal, pakan menjadi tidak ekonomis dan menimbulkan kerugian meskipun telah memenuhi kebutuhan nutrisi ternak
  3. Tidak menekan pertumbuhan Ayam Kampung. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, pakan yang disusun tidak boleh menekan pertumbuhan ayam. Oleh karena itu, pakan harus benar-benar baik, tidak beracun, tidak berjamur, dan tidak mengandung zat-zat yang bersifat toksik.

ayam jawa super 4 FORMULASI DAN KEBUTUHAN PAKAN AYAM KAMPUNG

A. Kebutuhan Nutrisi Ayam Kampung

Pemahaman tentang pentingnya nutrisi bagi pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan ayam diperlukan dalam penyusunan pakan. Berikut zat gizi yang diperlukan AYAM KAMPUNG dalam bahan pakan.

1.PROTEIN

Biasanya di dalam pakan unggas, termasuk AYAM KAMPUNG, dikenal dengan kandungan protein kasar (crude protein). Sumber utama protein nabati untuk pakan AYAM KAMPUNG adalah kacang kedelai dan jenis biji-bijian lainnya. Sementara itu, protein hewani berasal dari tepung daging, limbah ternak, dan tepung ikan. Protein asal hewani mengandung asam amino yang lebih baik dibandingkan biji-bijian,tetapi relatif lebih mahal. Untuk unggas, dikenal terdapat 10 asam amino esensial, di antaranya yang paling peiting adalah metionin, lisin, triptophan, dan treonin.

2. ENERGI

Energi merupakan bahan nutrisi yang sulit diukur, tetapi sangat penting dan relatif mahal. Konsep ketersediaan energi dalam pakan AYAM KAMPUNG adalah jika kandungan energi terlalu tinggi (high energi ration), akan menyebabkan menurunnya jumlah konsumsi (low feed intake). Sebaliknya, pakan dengan kandungan energi yang rendah (low energi ration) akan menyebabkan pakan yang dikonsumsi lebih banyak (high feed intake).

3. VITAMIN

Umumnya vitamin ada di dalam pakan berbentuk sintetis. Zat gizi tersebut berfungsi sebagai co-enzyme untuk menunjang aktivitas metabolisme sehingga mampu menghasilkan produktivitas yang maksimal. Seperti halnya jenis unggas komersial lainnya, AYAM KAMPUNG membutuhkan bermacam jenis vitamin di dalam pakan sebagai berikut : Fat soluble (vitamin yang larut dalam lemak), yaitu vitamin A, vitamin D3, vitamin E, dan vitamin K. Water soluble (vitamin yang larut dalam air),yaitu vitamin B (riboflavin dan biotin).

4.MINERAL

Mineral merupakan bahan esensial yang harus tersedia di dalam pakan deigarn imbangan yang sesuai. Kebutuhan mineralnya antara lain sebagai berrikut.

  • Makrlomineral, seperti kalsium dan fosfor
  • Mikromineral, seperti seng, Mg, besi, dan selenium
  • Garam, seperti sodium dan klor.

5.LEMAK (FATS)

Lemak merupakan bahan nutrisi AYAM KAMPUNG yang tergolong penting sebagai penyedia energi dan harus tersedia dalam pakan. Namun, lemak tidak terlalu esensial. Contohnya adalah asam linoleat. Lemak juga berfungsi untuk mengurangi sifat berdebu pakan (dustiness). Sumber lemak di dalam pakan AYAM KAMPUNG dapat berasal dari lemak hewan (animal fats) maupun lemak tumbuhan (vegetable oils). Biasanya sumber lemak hewani murah dan mudah di dapat. Namun, lemak tersebut dapat mengganggu pencemaan, khususnya pada AYAM KAMPUNG periode pertumbuhan jika tidak digunakan dengan tepat. Minyak nabati akan lebih praktis digunakan sebagai bahan pakan AYAM KAMPUNG,tetapi relatif lebih mahal.