Beberapa hari yang lalu saya ditelphon oleh seorang peternak yang mengeluhkan kejadian ngorok/ cekres pada ayamnya yang ditengarai disebabkan karena faktor cuaca yang panas. Seperti yang kita ketahui bersama Cuaca panas dapat menyebabkan heat stress, yang berujung pada munculnya penyakit-penyakit baik pada pencernaan maupun pernafasan (seperti ngorok/ cekres/ cekrek).  Berikut ini beberapa saran para praktisi lapangan untuk mengurangi kejadian heat stress.

  1. Konstruksi kandang posisinya barat-timur agar meminimalisir panas sinar matahari
  2. Sistim kandang menggunakan closed house sehingga temperatur kandang lebih mudah di kontrol
  3. Kepadatan Kandang  harus dijaga, hal ini karena  seiring dengan perkembangan umur ayam karena semakin besar ayam maka kepadatan semakin tinggi yang mengakibatkan buruknya sirkulasi udara dikandang sehingga suasana kandang akan menjadi semakin panas. Selain itu, dengan kepadatan tinggi maka panas tubuh ayam yang stress juga akan menambah panasnya suasana kandang sehingga akan muncul penyakit yang mengiringi heat stress.
  4. Sirkulasi udara dan kecepatan angin optimal harus diperhatikan sehingga kadar amoniak dalam kandang dan debu yang berterbangan dapat diminimalisir. Selain itu juga dapat memberikan ketersediaan oksigen yang cukup untuk ayam tumbuh dan berkembang
  5. Kondisi liter harus baik karena jika tidak diperhatikan agar tetap kering, tidak menggumpal dan kelembapan yang optimal, jika tidak maka liter dapat menjadi sumber panas karena terjadinya fermentasi mikroorganisme pada liter.
  6. Modifikasi program pakan pada saat cuaca terik karena jika tidak maka metabolisme yang tinggi dari tubuh ayam akan semakin meningkatkan panas di kandang
  7. Berikan suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh ayam terhadap cuaca ekstrim seperti Biovita dan bio immune
  8. Maksimalkan pemberian pakan di malam hari  sampai 70% dan mengurangi pakan siang hari menjadi 30%
  9. Sediakan obat yang dapat mengatasi gangguan pernafasan (ngorok/ cekrek/cekres) dengan cepat, karena jika terjadi kondisi heat stress maka gejala awalnya adalah ayam akan ngorok, jika kondisi ini tidak cepat ditangani atau ditangani dengan keliru maka akan terus berlanjut menjadi semakin parah dan berkomplikasi.

Semoga bermanfaat…