Banyak obat yang di poultry shop dengan fungsi untuk mengatasi ayam ngorok/ cekres/ cekrek. Mungkin ada peternak yang sudah gonta-ganti produk-produk tersebut dari mulai yang harganya paling murah sampai yang paling mahal, namun koq hasilnya sama saja? Koq bisa ya? Padahal isi obatnya berbeda dan harganya juga berbeda tapi koq sama saja tidak memberikan hasil. Atau mungkin kita yang keliru dalam memahami keberhasilan obat tersebut?

Seringnya gejala  ngorok/ cekres/ cekrek yang menyerang ternak ayam broiler membuat para peternak sudah hafal benar dengan efek yang ditimbulkan yaitu mulai dari penurunan nafsu makan, penurunan berat badan, sampai kematian yang meningkat. Nah, jika kita sudah mengetahui efek yang timbul dari gejala ngorok tersebut, maka seharusnya kita sudah tau cara menilai obat anti ngorok/ anti cekres/ anti cekrek yang beredar di poltry shop. Jika setelah obat kita pakai kemudian ayam masih terjadi penurunan nafsu makan, berat badan terus menurun dan kematian meningkat maka obat tersebut dapat kita katakan kurang efektif/ kurang ampuh. Namun jika setelah penggunaan tampak nafsu makan ayam tetap stabil, pertambahan berat badan pun stabil serta kematian tidak semakin meningkat maka itu salah satu bukti obat yang kita gunakan termasuk efektif meskipun masih terdengar suara ayam ngorok/ cekres/ cekrek di dalam kandang.

Para petrnak sekalian, Suara ngorok yang terdengar pada ternak ayam broiler maupun layer tidak lain adalah karena adanya lendir pada saluran pernafasan ayam tersebut yang tertahan dan tidak bisa keluar. Jika saja ayam punya tangan seperti kita tentunya dia akan mengeluarkan lendir pada hidungya tersebut seperti kita mengeluarkan hingus pada hidung kita. Namun karena ayam tidak bisa melakukannya maka lendir tersebut terkadang masih terdapat didalam saluran pernafasan ayam dalam waktu tertentu meskipun ayam tersebut sudah  tidak dalam kondisi sakit.

Jadi sekarang anda tinggal mengamati dan menayakan ke sesama peternak lainnya tentang pengalaman menggunakan obat anti ngorok/ anti cekres pada ayam yang sudah terbukti AMPUH berdasarkan indikator/ kriteria yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Silahkan berbagi pengalaman anda dengan menuliskan komentar pada kolom dibawah ini.

Terima kasih, semoga bermanfaat.