Bau Amonia atau bau busuk kandang bukan hal sepele, karena ini bukan saja mempengaruhi kesehatan Ayam dan peternak saja namun dapat menyebabkan usaha peternakan BUBAR karena di demo warga sekitar. Kasus seperti ini bukan mengada-ada karena sudah sering terjadi, bahkan hari ini saya di telp oleh seorang ibu yang minta bantuan untuk mengatasi bau dikandangnya. Saat beliau telp kebetulan saya sedang dalam perjalanan sehingga tidak sempat mengangkat telp namunsetelah sampai saya lihat SMS beliau yang katanya membutuhkan bantuan untuk mengatasi bau AMONIA di kandang ayam milik Ayah Beliau yang terancam bubar padahal sudah mau panen.

ayam ngorok, ayam cekres, ayam cekres, sukss ternak broilerPara pembaca sekalian, masalah keluhan warga tersebut sebenarnya bisa diminimalisir jika kita menerapkan manajemen pengolahan kotoran yang baik. Namun pada kesempatan kali ini kita tidak membahas manajemen pengolahan limbah namun sedikit akan kita bahas tentang pengaruh bau Busuk akibat amoniak tersebut terhadap penyakit CRD yang ditandai dengan ayam yng ngorok atau cekrek atau cekres.

Para pembaca sekalian,  jika kotoran dikandang menumpuk dan bertepatan dengan kondisi lembab maka bau busuk amoniak tidak dapat dielakkan. Pada dasarnya, nitrogen dalam metabolisme protein makhluk hidup diekskresikan ke luar tubuh dalam dua bentuk senyawa kimia, yaitu urea atau asam urat. Jika masih berbentuk asam urat, nitrogen akan diubah bentuknya terlebih dahulu menjadi senyawa urea oleh bakteri di lingkungan. Tingginya kelembapan dan suhu yang rendah yang akan membuat urea-urea yang mengandung nitrogen tadi akhirnya terurai menjadi gas amonia dan CO2.

Gas amonia bersama dengan gas CO2 yang terbentuk akan mengakibatkan tekanan gas O2 dalam udara sekitar ayam menurun, sehingga ayam mengalami kekurangan oksigen (hipoksia). Kondisi inilah yang akhirnya membuat permukaan saluran pernapasan ayam bersifat anaerob (tekanan oksigen rendah) dan bakteri Mycoplasma senang tinggal di lokasi tersebut. Akibatnya ayam sangat mudah terserang CRD (ngorok) berkali-kali. Saat ayam terserang CRD, maka tubuhnya pun menjadi lebih rentan terhadap berbagai serangan penyakit lain. Hal ini karena serangan CRD dapat menyebabkan kerusakan silia dan mukosa saluran pernapasan yang berfungsi mencegah masuknya bibit penyakit. Jadi dengan tidak berfungsinya silia dan mukosa akibat CRD, maka bibit penyakit lain pun akan mudah masuk ke dalam tubuh ayam. Oleh karena itu, jarang kita temukan CRD yang menyerang sendiri melainkan berkoalisi  dengan penyakit lainnya (kayak partai aja pake koalisi, hehe..) sehingga kita sering dengar istilah CRD komplek yang artinya CRD yang telah berkoalisi dengan penyakit lain. Berdaarkan kasus lapangan juga, kita temui CRD paling banyak berkoalisi dengan koli.

Koalisi antara CRD dengan penyakit lainnya ini terutama coli yang sebenarnya menyebabkan tingginya angka kematian yaitu sampai   10-15%, atau bahkan bisa mencapai 20%. Padahal yang kita ketahui CRD yang tidak berkoalisi angka kematiannya terbilang rendah yaitu sekitar 5% atau bahkan tidak ada.

Hal ini juga menjadi pelajaran bagi kita semua. Bisa jadi obat-obatan untuk mengatasi ngorok/ cekrek/ cekres pada ayam yang kita selama ini pakai bukan karena obatnya yang tidak efektif namun karena sumber cekrek nya masih ada di kandang (bau amonia). Jadi mau pake obat apapun bakal susah ngobatin itu cekrek. Mungkin sembuh sebentar tapi tidak lama kemudian kambuh lagi. Mungkin kita bisa bilang, kandang saya tidak bau koq. Iya memnag menurut kita tidak bau karena kita tiap hari ada di kandang jadi indra penciuman kita sudah beradaptasi dan menjadi tidak peka lagi dengan bau. Namun coba ajak orang lain dan mintai pendapatnya :)

Berdasarkan semua hal yang telah saya sebutkan diatas ada beberapa kesimpulan yang bisa kita ambil :

  1. Bau amoniak sangat berpotensi menyebakan serangan CRD
  2. CRD sering berkolaborasi dengan penyakit lain menjadi CRD komplek yang menyebabkan tinggianya angka kematian.
  3. Pengobatan CRD komplek tidak akan maksimal selama sumber bau tidak dihilangkan

Oiya, bagi anda yang membutuhkan solusi cepat mengatasi bau AMONIA bisa menggunakan AMONIL. Sedangkan jika sudah mulai ada gejala cekrek, jangan tunggu sampai parah, segera lakukan penanganan dengan menggunakan CERDEX.

Semoga bermanfaat…