Memilih Litter/ alas kandang yang baik untuk meningkatkan berat badan ayam broiler

Litter atau alas kandang merupakan salah satu komponen penting dalam rantai produksi ayam broiler. Bagaimana tidak, litter mempunyai peranan yang penting diantaranya :

  1. Menjaga suhu tubuh anak ayam tetap hangat dengan membatasi kontak langsung antara kaki anak ayam dengan lantai yang suhunya relatif dingin
  2. Menjaga kelembapan kandang dengan cara membantu menyerap air dari feses maupun dari tumpahan air minum
  3. Membantu menghangatkan anak ayam Pada saat periode  brooding karena litter dapat menyerap panas dari brooder mengantarkannya ke kaki anak ayam

Di indonesia umumnya bahan litter yang sering digunakan antara lain serbuk gergaji, boongkol jagung yang telah dicacah, sekam, potongan jerami kering, dan kulit kacang. Selain itu, bahan lainnya yang juga sangat baik namun jarang digunakan adalah tempurung kelapa yang telah dibakar dan zeolit. Namun pertanyaanya manakah yang paling balik dari semua litter tersebut? Manakah yang paling efektif dalam menjaga suhu tubuh, menjaga kelembapan dan efektif dalam membantu proses brooding yang ujungnya akan meningkatkan performa ayam broiler? Menjawab pertanyaan tersebut, saya kebetulan menemukan sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh  Sulaiman Ibrahim dan Allaily dari  Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Bau Busuk Kandang Ayam

Pada penelitian tersebut, peneliti membandingkan konsentrasi amoniak yang terbentuk dalam kandang serta performan/ pertambahan berat badan ayam broiler dengan penggunaan beberapa jenis litter/ alas kandang. Ringkasnya, setelah melakukan penelitian didapatkan hasil bahwa penggunaan litter yang berbeda-beda yaitu sekam, arang tempurung, zeolit dan tanah disimpulkan bahwa Berbagai sistem litter dapat dipergunakan pada peternakan ayam broiler, dengan tingkat prestasi dan keuntungan berbeda. Pemakaian litter dengan empat komposisi yaitu : sekam, arang, tempurung, zeolit, dan tanah menunjukkan konsentrasi amonia yang rendah (0,95 mg/m3) dan kualitas ayam broiler yang menguntungkan konsumsi pakan 411,18 g/ekor, pertambahan berat badan 283,80 g/ekor dan konversi 1,35.

Peneliti juga menyarankan bahwa Bagi peternak ayam broiler dianjurkan menggunakan litter campuran sekam, arang, tempurung, zeolit, dan tanah sebanyak 1:1:1:1:1 semua bahan harus homogen. Akan tetapi, menurut saya juga harus dipertimbangkan biaya produksi yang timbul dari penggunaan campuran litter tersebut. Memang secara ilmiah terbukti menguntungkan namun apakah secara ekonomi juga menguntungkan jika dibandingkan dengan menggunakan sekam saja atau sekam dan zeolit?

Akhirnya, sebelum mengakhiri tulisan ini, kami ingin sedikit berbagi informasi terkait yang mungkin bermanfaat bagi bapak/ibu peternak sekalian. Apabila Anda memiliki masalah dengan bau amoniak yang menggangu kesehatan ayam dan menganggu tetangga dan ingin segera dimusnahkan bau amoniak tersebut, maka kami punya solusinya, kami punya ZEROMON. Apa itu zeromon? ZEROMON adalah cairan penghilang bau busuk (apapun bau busuknya)termasuk bau amoniak. Selain menghilangkan bau busuk, ZEROMON juga terbukti efektif membunuh kuman penyakit. Jadi bukan hanya bau busuk kandang yang kabur, kuman penyebab penyakit yang terkena semprotan ZEROMON juga ikut ‘Keok’.  Untuk bapak/ ibu yang igin memesan bisa menghubungi kami di 0853-4321-7300 atau bisa juga melakukan pemesanan lewat BUKALAPAK dengan mengetik produk ZEROMON.

TERIMA KASIH…SEMOGA BERMANFAAT…